BlogMalaysia.com

Selasa, 20 Oktober 2009

tips merawat printer anda

merawat printer


Printer saat ini adalah elemen peripheral PC yang sangat berguna. Namun, printer, seperti halnya saranan lainnya, akan menguntungkan jika dirawat dengan baik. Berikut ada tips perawatan printer. Untuk membersihkan printer, matikan printer terlebih dahulu. Cabutlah steker arus listrik dari stop kontak dan kemudian lepaskan tutupnya.

Untuk printer laser, ikutilah prosedur yang telah ditetapkan pada buku petunjuk dalam membersihkan serta mengganti cartridge. Ketika printer terbuka, untuk memeriksa mesin dan berhati-hatilah membuang kotoran, toner atau debu kertas yang ada dalamnya.

Sedangkan untuk printer jenis dot-matrix atau inkjet, maka yang perlu Anda lakukan adalah lepaskan pita atau cartridge tinta, kemudian perhatikan cara pita bergerak melewati 'head' cetak. Hal lain yang perlu diperhatikan, bahwa Anda dapat membersihkan 'head'cetak dot-matrix memakai sarana khusus. Sarana tersebut terdiri dari selembar pembersih yang dimasukkan melalui printer yang seakan-akan berupa kertas dan larutan pembersih. Maka yang perlu Anda lakukan adalah basahi lembaran tersebut dengan larutan, kemudian jalankan printer untuk mencetak di atasnya (tanpa dengan pita) seraya untuk mengujinya. Dimana larutan tadi untuk melarutkan sisa-sisa tinta yang kering, kemudian diserap oleh lembaran tersebut.

Atau bisa Anda lakukan cara lain dengan memakai cartridge pembersih khusus yang disisipkan sebagai pengganti. Di samping itu Anda juga perlu membersihkan platen (silinder karet) untuk menghilangkan tinta yang tersisa saat kertas telah dicetak. Lakukanlah pengujian printer untuk mengecek, agar mutu cetaknya memuaskan.

Dari langkah-langkah di atas yang perlu digaris bawahi adalah:
1. Matikan printer, lepaskan tutup dan pita.
2. Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada printer.
3. Periksa dan bersihkan jalan keluar masuk kertas dan platen.
4. Bersihkan dan gantilah 'head' cetak.
5. Gantilah pita jika sudah habis.
6. Lakukan pengujian pencetakan untuk mendapatkan mutu cetakan yang memuaskan.
7. Bersihkan dan kembalikan penutup printer.
8. Lakukan pemeriksaan kertas dan yakinkan dipasang dengan tepat dan kondisi masukdengan lancar.


referensi: http://www.telkom.net

0 komentar:

 

rahasiapc.blogspot.com




Powered By Blogger

Easy Blog Trick

Powered By Blogger

Blog Tutorial

Powered By Blogger

© 3 Columns Newspaper Copyright by Comfuture | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks